Berbagai Tips Penting Sebelum Memulai Kegiatan Outbound

Outbound merupakan kegiatan yang dilakukan di luar ruang atau alam terbuka. Outbound biasanya terdiri dari beberapa aktivitas atau permainan yang mengharuskan pesertanya untuk bergerak dan juga berpikir kreatif. Selain itu, outbound yang dilakukan secara berkelompok mampu melatih kekompakan, kerjasama, tanggung jawab, dan tidak gampang menyerah. Kegiatan outbound biasa dilakukan sebagai bentuk pelatihan dalam sebuah organisasi resmi atau tidak resmi untuk sekedar refreshing dan wisata yang bermanfaat untuk menjalin keakraban sesama anggota.

Tips Sebelum Melaksanakan Outbound

Karena aktivitas outbound yang membutuhkan kerja fisik maupun mental, maka keduanya harus dipersiapkan dengan matang agar bisa mengikuti kegiatan dengan lancar. Jika persiapan kurang maka resiko paling fatal bisa terjadi kecelakaan atau hal lain yang tidak diinginkan. Untuk itu beberapa tips di bawah ini sangatlah penting diperhatikan sebelum memulai outbound.

  • Memahami zona atau lokasi outbound

Memahami lokasi tempat outbound dilaksanakan sangatlah penting. Hal ini bertujuan agar kita lebih paham setiap detail dari lokasi sehingga bisa menghindari potensi bahaya dari setiap jenis permainan yang akan dilaksanakan. Selain itu, memahami lokasi juga sangat berpengaruh pada jalannya kegiatan outbound apakah bisa berjalan maksimal atau tidak.

  • Mempersiapkan fisik

Karena kegiatan outbound sebagian besar membutuhkan kerja fisik dan dapat menguras energi, setiap peserta harus dalam keadaan sehat mulai dari fisik hingga mentalnya. Selain itu, kondisi perut juga tidak boleh kosong agar mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas. Akan sangat disayangkan jika saat kegiatan berlangsung kita cepat mengalami kelelahan, lemas, dan tidak bersemangat. Tidak hanya itu saja, karena kondisi fisik juga harus fit. Peserta yang sedang sakit atau tidak enak badan dianjurkan untuk tidak mengikuti kegiatan outbound.

  • Pemanasan sebelum kegiatan outbound

Pemanasan merupakan awal yang baik bagi setiap kegiatan yang membutuhkan kerja fisik. Hal ini sangat penting agar otot dan persendian berada dalam kondisi yang siap sebelum melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Disamping itu, pemanasan bisa menghindarkan kita dari setiap bentuk cedera yang mungkin terjadi.

Tips Memilih Permainan Outbound

Karena outbound bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, kekompakan peserta, dan dilakukan di alam terbuka, maka pemilihan jenis permainan atau kegiatan yang akan berlangsung juga sangat penting. Tidak hanya itu saja, karena pemilihan jenis permainan sangat berpengaruh pada penyampaian dari tujuan dilaksanakannya permainan outbound tersebut. Ditambah permainan yang tepat bisa mempererat keakraban para pesertanya. Karena itu, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih permainan outbound.

  • Memilih permainan yang dilakukan dalam kelompok

Karena sifatnya yang harus membutuhkan kerjasama kelompok, maka permainan yang cocok tentu harus bisa dimainkan dalam kelompok juga. Permainan yang dilakukan secara berkelompok bisa membuat pesertanya semakin mengasah ketrampilan mereka  dalam memahami dinamika kelompok, bisa saling bekerja sama dengan baik, dan mampu meningkatkan semangat dalam kelompoknya.

  • Memilih permainan yang sederhana namun bermakna

Permainan yang sederhana bisa membuat pesertanya mudah dalam menjalani permainan outbound. Permainan sederhana akan lebih mudah dilakukan dan tidak membuat peserta merasa frustrasi karena kesulitan menyelesaikan permainan. Ditambah adanya makna tersimpan dalam setiap permainan akan membuat peserta memahami, mempelajari, dan mengambil hal positif dari diadakannya permainan outbound.

  • Memilih permainan yang menyenangkan

Permainan yang mampu membuat suasanya menjadi menyenangkan akan lebih dinikmati oleh para peserta. Jika peserta memainkan permainan yang seru tentu antusiasnya akan sangat tinggi dan tidak akan merasa bosan. Selain itu, permainan yang menyenangkan bisa mencairkan suasana dan menciptakan kehangatan antar anggota.

  • Memilih permainan yang bisa dilakukan siapa saja

Selain memilih permainan yang sederhana, permainan yang dipilih juga harus bisa dimainkan oleh siapa saja dan dalam kondisi apa saja. Jika permainan cukup sulit dan tidak semua peserta bisa melakukannya, maka outbound tidak akan menyenangkan dan peserta akan cepat mengalami kebosanan. Ingat tujuan outbound yaitu meningkatkan kerjasama, kekompakan, dan menjalin keakraban antar sesama anggota. Karena itu pilihlah permainan yang bisa dimainkan oleh siapa saja, terutama oleh para peserta outbound itu sendiri.

Tips Menentukan Tempat Outbound

Hal yang satu ini juga penting, yaitu menentukan tempat yang akan digunakan untuk outbound. Tempat juga nyatanya sangat berpengaruh pada jalannya permainan outbound. Salah memilih lokasi bisa membuat tujuan outbound menjadi tidak tersampaikan, dan bisa juga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu, perhatikan beberapa hal seperti berikut ini.

  • Waktu perjalanan

Jauh dekatnya lokasi outbound sangatlah berpengaruh. Karena itu pertimbangkan juga waktu perjalanan untuk mencapai lokasi. Jika kegiatan outbound akan dilakukan selama 2 hari atau lebih, usahakan waktu perjalanan maksimal selama 3 atau 4 jam. Jika kegiatan outbound hanya dilaksanakan sehati, maka waktu tempuh usahakan maksimal 1 jam. Lamanya waktu perjalanan akan sangat berpengaruh pada fisik peserta. Jangan sampai peserta mengalami kelelahan saat perjalanan bahkan sebelum tiba di lokasi kegiatan outbound.

  • Harga

Harga juga sangat penting untuk diperhatikan saat memilih lokasi outbound. Sesuaikan dana untuk lokasi dengan yang sudah dianggarkan agar lebih memaksimalkan kegiatan sehingga lebih efisien. Sekarang ini sudah banyak tempat outbound yang juga menyediakan paket lengkap dengan harga yang lebih masuk akal. Selain itu, sebelum memilih ada baiknya untuk melakukan survei beberapa tempat outbound sehingga bisa mengetahui mana tempat yang cocok dengan dana yang sudah dipersiapkan.

  • Fasilitas

Selain menentukan harga yang cocok, fasilitas juga tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya menyediakan tempat yang tepat untuk kegiatan outbound, lokasi outbound juga harus memiliki fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, tempat khusus untuk makan, dan sound system. Seperti saat menentukan harga, survei juga sangat penting untuk dilakukan untuk mengetahui setiap lokasi outbound beserta fasilitas yang dimilikinya. Semakin lengkap fasilitas yang disediakan, maka semakin bagus lokasi outbound tersebut untuk dipilih tanpa harus mengesampingkan harga.

Itulah berbagai ulasan mengenai tips-tips apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai kegiatan outbound. Semoga dapat membantu Anda yang akan baru memulai melakukan outbound. Jangan sampai kegiatan outbound yang menyenangkan bisa menjadi membosankan karena berbagai hal penting sempat terlewatkan.